Monday, April 15, 2013

Makan Kenyang Namun Masih Juga Loyo? Pola Makan Anda Perlu Dibenahi

 
Makan Kenyang Namun Masih Juga Loyo? Pola Makan Anda Perlu Dibenahi
Makan Kenyang Namun Masih Juga Loyo? Pola Makan Anda Perlu Dibenahi

Jakarta - Sudah makan banyak tapi tubuh tetap loyo? Bisa jadi ini karena pola makan yang salah. Makanan olahan dan kafein ternyata bisa membuat tubuh semangat hanya sesaat dan cepat letih. Karenanya benahi dulu pola makan Anda.

Kurang asupan nutrisi dari buah dan sayur segar bisa jadi penyebab tubuh kurang berenergi. Karenanya cobalah benahi pola makan Anda dengan pola makan pembangkit energi yang disarankan oleh Huffington Post (10/04/2013) ini.


1. Jangan batasi asupan nutrisi saat sarapan
Sarapan seimbang kaya protein dan karbohidrat bisa memberikan energi untuk tubuh sepanjang hari. Contohnya, sarapan yogurt dengan tambhaan buah segar, kacang-kacangan atau oats.

2. Pentingnya zat besi dalam sayuran
Untuk wanita, salah satu nutrisi terpenting untuk menjaga tubuh tetap bernergi adalah zat besi. Nutrisi ini dibutuhkan untuk mengirimkan oksigen ke sel untuk mencegah kelelahan, PMS, dan kerusakan pertahanan fisik. Padukan makanan tinggi vitamin C dengan makanan kaya zat besi seperti bayam dan biji wijen untuk penyerapan zat besi lebih maksimal.

3. Jauhi makanan olahan
Pilih whole grain daripada biskuit atau keripik olahan. Makan buah segar dan kurangi jus atau fruit bars. Dengan mengganti beberapa pilihan makanan ini, tingkat energi Anda akan lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu konsumsi bahan makanan segar juga terbukti bisa menurunkan berat badan.

4. Hindari kafein
Secangkir kopi dan teh mengandung kafein yang mengusir rasa kantuk. Walaupun kandungan itu juga bermanfaat, kafein memberikan tubuh energi yang keliru dan malah membuat tubuh merasa lebih lelah setelahnya.

5. Konsumsi lebih banyak superfruit
Superfuit seperti apel, persik, beri, pisang dan tomat banyak ditemukan di supermarket. Membatasi konsumsi buah-buahan ini bisa membuat Anda tidak bertenaga sepanjang hari. Sebuah studi menunjukkan orang yang mengkonsumsi berbagai macam superfruit bisa mengurangi stres oksidatif yang berdampak pada penuaan dini dan timbulnya penyakit.

6. Jangan hindari lemak baik
Sebuah studi yang membandingkan penyajian salad dengan saus, menemukan penyerapan antioksidan paling sedikit saat salad disajikan bersama fat free dressing. Beberapa antioksidan harus berpegangan pada lemak supaya bisa diserap dari saluran pencernaan dalam darah. Antioksidan penting untuk energi karena melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel.

detikFood





No comments:

Post a Comment